Header Ads

  • Breaking News

    Jokowi Pamer Desain Ibu Kota Baru ke Pengurus Partai Bulan Bintang

    ilustrasi


    INFO IBUKOTA BARU -- Presiden Joko Widodo atau Jokowi 'memamerkan' konsep ibu kota baru kepada para pengurus DPP Partai Bulan Bintang (PBB) periode 2019-2024. Dia menyampaikan sejumlah dasar dari ide memindahkan ibu kota ke Kalimantan Timur. (baca)

    "Saya ingin memberikan sebuah gambaran mengenai ibu kota baru. Negara lain misalnya Amerika memiliki New York dan Washington DC, Australia juga memiliki Sydney dan Canberra. Malaysia juga memiliki Kuala Lumpur dan Putra Jaya," kata dia, di Jakarta, Kamis (6/2/2020).

    Indonesia, kata Jokowi, sejak zaman Presiden Sukarno telah merencanakan untuk memindahkan ibu kota. Waktu itu, Presiden Pertama RI itu ingin memindahkan ibu kota ke Palangka Raya.

    Salah satu hal penting dalam pemindahan ibu kota negara, kata Jokowi, yakni dasar hukum. Pemerintah dalam waktu dekat, akan menyerahkan draf Undang-Undang Ibu Kota Negara (IKN) ke DPR.

    "Insyaallah dalam bulan ini juga draf undang-undangnya juga akan kami sampaikan kepada DPR RI," ujar dia.

    Dia merasa perlu memberikan penekanan, pemindahan ibu kota ke Kalimantan Timur dikarenakan kondisi Jawa pada umumnya dan khususnya Jakarta yang makin padat. Tidak saja dari segi jumlah penduduk, Jawa juga mendominasi kue ekonomi di Indonesia.

    "Coba di bayangkan kita memiliki 17.000 pulau di Indonesia tetapi di Jawa saja, yang tinggal di Jawa saja itu 54 persen penduduknya. 54 persen penduduk Indonesia ada di Jawa 149 juta," urai dia.

    "Kemudian yang namanya GDP ekonomi pergerakan ekonomi itu 58 persen itu ada di pulau Jawa. khususnya di Jakarta sehingga pemerataan nya akan sangat sulit kalau itu kita teruskan," imbuh Jokowi.

    Tidak ada komentar

    Post Top Ad

    Post Bottom Ad