Header Ads

  • Breaking News

    Bappenas Segera Bentuk Badan Otorita Ibukota Baru

    ilustrasi
    INFO IBUKOTA BARU -- Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) sedang menyiapkan pembentukan badan otorita ibu kota baru guna mengeksekusi pendanaan serta rencana teknis untuk pemindahan ibu kota ke Kalimantan Timur. (baca)

    Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) Suharso Monoarfa menargetkan badan otorita akan terbentuk akhir tahun ini. "Iya Insy Allah (terbentuk)," kata Suharso di Kantor Bappenas, Jumat, (15/11/2019).

    Menurutnya badan otorita akan punya payung hukum melalui peraturan presiden (Perpres) dan tidak perlu dipayungi undang-undang. Perpres ditargetkan selesai pada akhir tahun ini. Dirinya berharap kepala badan otorita dari kalangan profesional. Nantinya kapala badan otorita akan bertanggungjawab langsung ke presiden.

    "Mungkin bukan Aparatur Sipil Negara (ASN) artinya bisa saja ASN bisa juga tidak ASN. tetapi setidak-tidaknya posisinya itu netral," imbunya.

    Dirinya menerangkan badan otorita ini mirip dengan badan pemulihan Aceh, yang langsung di bawah presiden. "Itu nanti kita, ya mungkin bersama sama presiden kita putuskan," paparnya.

    Di dalam badan otorita nantinya akan ada dewan pengawas dan dewan pengarah, sifat dewan pengawas seperti internal auditor, sementara dewan pengarahan, mengarahkan agar gagasan ini berjalan dengan benar.

    Ia mengatakan, Bappenas menginisiasi para pihak, para stakeholder dalam menyusun peraturan presiden badan otorita persiapan dan pembangunan ibu kota. Menurutnya ada banyak isu dalam pembentukan ibu kota ini, misalnya daerah otonomnya, daerah istimewanya, dan daerah pemerintahan.

    "Ini kan harus ditentukan, didefinisikan. Karena itu sebelum kita bicara soal badan otorita ini nanti, kita akan bicara mengenai peraturan perundang-undangan yang melekat," paparnya.

    Menko Maritim dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, Menteri Hukum dan HAM Yasonna Laoly, dan Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Muhajir Effendy datangi Kantor Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional Republik Indonesia/Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) Jumat Pagi, (15/11/2019).

    Rapat tersebut membahas Panitia Antar Kementerian (PAK) dan Harmonisasi Draft Perpres tentang Badan Otorita soal Persiapan, Pemindahan, dan pembangunan Ibu Kota Negara (IKN).

    Tidak ada komentar

    Post Top Ad

    Post Bottom Ad